SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Tri Bhakti Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto
Proses utama perkembangan anak merupakan hal yang saling berkaitan antara proses biologis,
proses sosio-emosional dan proses kognitif. Perkembangan tersebut mencakup perkembangan perilaku
sosial, bahasa, kognitif dan fisik/motorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan
motorik kasar pada anak usia pra sekolah di TK Tri Bhakti Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto. Pada
penelitian ini desain yang digunakan adalah desain penelitian dengan metode deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di TK Tri Bhakti Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto
sebanyak 64 anak dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 64 responden yang
diambil dengan teknik total sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah perkembangan motorik kasar
pada anak pra sekolah. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar DDST kemudian data yang telah
terkumpul diolah dengan tahapan editing, coding, scoring dan tabulating. Kemudian disajikan dalam
bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian perkembangan anak
adalah normal atau sesuai, dengan jumlah 53 anak (82,8%) dan suspek sebanyak 11 anak (17,2%).
Perkembangan motorik kasar anak dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal.
Tidak tersedia versi lain